Kelompok : 4
Di susun oleh:
nurul aulia rahmah (25211390)
Kelas : 1EB10
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ Pemasaran”.
Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis. Dan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang hal-hal yg berkaitan dengan pemasaran. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Depok, November 2011
DAFTAR ISI
Cover …………………………………………… 1
Kata Pengantar …………………………………………… 2
Daftar Isi …………………………………………… 3
Bab I Pendahuluan …………………………………………… 4
1.1 Latar belakang masalah …………………………………………… 4
1.2 Rumusan masalah …………………………………………… 4
1.3 Tujuan …………………………………………… 5
1.4 Sistematika penulisan …………………………………………… 6
Bab II Pembahasan …………………………………………… 7
2.1 Pengertian pemasaran …………………………………………… 7
2.2 Konsep pemasaran …………………………………………… 7
2.3 Manajemen pemasaran …………………………………………… 8
2.4 Sistem pemasaran …………………………………………… 9
2.5 Macam-macam sistem pemasaran …………………………………………… 9
2.6 Strategi pemasaran …………………………………………… 10
2.7 Macam-macam strategi pemasaran …………………………………………… 10
2.8 Fungsi pemasaran …………………………………………… 10
2.9 Tujuan pemasaran …………………………………………… 11
Bab III Penutup …………………………………………… 12
3.1 Kesimpulan …………………………………………… 12
3.2 Saran …………………………………………… 13
Daftar Pustaka …………………………………………… 14
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung kepada keahlian pengusaha dibidang pemasaran, produksi, keuangan maupun dibidang lain. Selain itu tergantung pula kemampuan pengusaha untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar perusahaan dapat berjalan lancar.
Dalam hal ini yang dimaksud dengan pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun kepada pembeli yang potensial.
Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan-kegiatan yang merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa kepada kelompok pembeli.Perusahaan harus memadukan keputusan-keputusan pemasarannya dengan fungsi pemasaran yang lain. Biasanya bagian pemasaran mengkoordinasikan tugas-tugas pada bagian dalam perusahaan secara informal. Hal ini menyebabkan semakin pentingnya bagian pemasaran bagi perusahaan.
Suatu produk yang telah berhasil diproduksi biasanya membutuhkan jasa distribusi untuk memasarkannya. Produk yang telah dihasilkan tersebut tidak bisa mencari konsumen sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar suatu produk sukses dipasarkan di market.
1.2. Rumusan Masalah
1. Apakah pengertian pemasaran ?
2. Sebutkan konsep-konsep pemasaran?
3. Apa yang dimaksud manajemen pemasaran?
4. Apakah pengertian Sistem Pemasaran ?
5. Sebutkan Macam – macam Sistem Pemasaran?
6. Bagaimana Strategi Pemasaran?
7. Sebutkan Macam-macam Strategi Pemasaran?
8. Apa Fungsi Pemasaran?
9. Apakah tujuan Pemasaran?
1.3. Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini yaitu :
1. Memberikan informasi kepada masyarakat/mahasiswa/pelajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan pemasaran.
2. Memberikan pengetahuan kepada masyarakat/mahasiswa/pelajar tentang bagaiman cara mempromosikan suatu barang/jasa.
3. Menberikan inspirasi kepada masyarakat/mahasiswa/pelajar tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk memasarkan suatu barang/jasa.
1.4. Sistematika Penulisan
BAB 1 . Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Menjelaskan tentang latar belakang awal mulanya berbisnis
1.2. Rumusan Masalah
Menjelaskan tentang pengertian pengertian pemasaran, konsep konsep pemasaran, manajemen pemasaran, sistem pemasaran, macam – macam sistem pemasaran, strategi pemasaran, macam-macam strategi pemasaran, fungsi pemasaran, dan tujuan pemasaran
1.3. Tujuan
Menjelaskan tentang semua informasi pemasaran
1.4. Sistematika penulisan
BAB II. Pembahasan
2.1. Pengertian Pemasaran
2.2. Konsep Pemasaran
2.3. Manajemen Pemasaran
2.4. Sistem Pemasaran
2.5. Macam – Macam Sistem Pemasaran
2.6. Strategi Pemasaran
2.7. Macam-Macam Strategi Pemasaran
2.8. Fungsi-Fungsi Pemasaran
2.9. Tujuan Pemasaran
BAB III. Penutup
3.1. Kesimpulan
3.2. Saran
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Jadi, pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau non profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
2.2. Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
Dalam pemasaran terdapat 6 konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu :
1. Konsep produksi
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.
2. Konsep produk
Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik
3. Konsep penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4. Konsep pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
5. Konsep pemasaran sosial
Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
6. Konsep Pemasaran Global
Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.
2.3. Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.
Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.
2.4. Sistem Pemasaran
Sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.. Sistem pemasaran yang paling sederhana terdiri dari 2 unsur yang saling berkaitan, yaitu organisasi pemasaran dan target pasarnmya. Unsur-unsur dalam sebuah sistem pemasaran serupa dengan unsur-unsur yang ada pada sistem radio stereo. Bekerja secara terpisah, tetapi pada waktu dipertemukan secara tepat.
2.5. Macam–Macam Sistem Pemasaran
1. Sistem pemasaran dengan saluran vertikal
Pada sistem ini produsen, grosir, dan pengecer bertindak dalam satu keterpaduan.
Tujuannya : - Mengendalikan perilaku saluran
- Mencegah perselisihan antara anggota saluran
2. Sistem pemasaran dengan saluran horizontal
Pada sistem ini, ada suatu kerjasama antara dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang muncul.
3. Sistem pemasaran dengan saluran ganda
Pada sistem ini beberapa gaya pengeceran dengan pengaturan fungsi distribusi dan manajemen digabungkan, kemudian dari belakang dipimpin secara sentral.
2.6. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.
Ada 3 faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
1) Daur hidup produk
Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2) Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
3) Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
2.7. Macam-Macam Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran dapat dibagi kedalam 4 jenis yaitu:
1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
4. Merangsang kebutuhgan selektif dengan menjaring pelanggan baru.
2.8. Fungsi Pemasaran
1. Fungsi Pertukaran
Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali.
2. Fungsi Distribusi Fisik
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, udara, dsb. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
3. Fungsi Perantara
Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain seperti pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi / penggolongan produk.
2.9. Tujuan Pemasaran
Tujuan pemasaran atau marketing objective, adalah apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui bagian pemasaran
- titik awalnya adalah konsumen target
- fokusnya adalah kebutuhan konsumen
- sasarannya adalah laba melalui kepuasan konsumen
- caranya melalui paduan antara promosi dan komunikasi pemasaran -> komunikasi pemasaran terpadu.
Kepuasan konsumen akan tercapai apabila perusahaan mampu untuk menyediakan consumer value package, yang berupa :
- produknya -> berkualitas dan memenuhi kebutuhan konsumen
- harganya -> dapat terjangkau oleh konsumen target
- pelayanannya -> kepada konsumen memuaskan
- citra produknya -> baik dari sudut pandang konsumen
Apabila kepuasan konsumen tersebut terpenuhi, maka hasil penjualan produknya akan meningkat, dan akhirnya tujuan pemasaran dapat tercapai, yaitu perolehan laba.
Sebaliknya, apabila perusahaan melalaikan kebutuhan konsumen dan hanya berfikir dari sudut pandang produsen saja, kemungkinan hasil penjualan produknya akan menurun, sehingga laba yang diperoleh minim, bahkan dapat terjadi adanya kerugian.
Kepuasan konsumen adalah segalanya bagi perusahaan yang berorientasi kepada pemasaran/marketing.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Dari uraian di atas dapat di ambil kesimpulan mengenai pemasaran yaitu kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau non profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan. Konsep dasar pelaksanaan pemasaran, antara lain :
1. Konsep produksi
2. Konsep produk
3. Konsep penjualan
4. Konsep pemasaran
5. Konsep pemasaran social
6. Konsep pemasaran global
Manajemen Pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.
Sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya. Macam-macam sistem pemasaran, antara lain :
1. Sistem pemasaran dengan saluran vertical
2. Sistem pemasaran dengan saluran horizontal
3. Sistem pemasaran dengan saluran ganda
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Macam-macam strategi pemasaran, yaitu :
1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
4. Merangsang kebutuhgan selektif dengan menjaring pelanggan baru.
Fungsi pemasaran, antara lain :
1. Fungsi pertukaran
2. Fungsi distribusi fisik
3. Distribusi perantara
Tujuan pemasaran, antara lain :
- titik awalnya adalah konsumen target
- fokusnya adalah kebutuhan konsumen
- sasarannya adalah laba melalui kepuasan konsumen
- caranya melalui paduan antara promosi dan komunikasi pemasaran -> komunikasi pemasaran terpadu
3.2 SARAN
Dari uraian di atas, penyusun mengambil saran, yaitu :
1. Marketing merupakan tulang punggung perusahaan, oleh karena itu, sebagai seorang marketing disarankan harus memiliki mental yang kuat dalam mencari custumer baru, khususnya penjualan secara langsung (door to door).
2. Dalam membuat strategi pemasaran disarankan lebih inovatif agar bisa menarik minat konsumen. Contohnya promosi yang lebih menarik, yaitu berupa promosi langsung dengan memberikan diskon atau doorprize.
DAFTAR PUSTAKA
www.google.com
www.wikipedia.com
Transparasi
PENGERTIAN PEMASARAN
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit
atau non profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa,
menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
KONSEP PEMASARAN
Dalam pemasaran terdapat 6 konsep yang merupakan dasar
pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu :
1.
Konsep Produksi
2.
Konsep Produk
3.
Konsep Penjualan
4.
Konsep Pemasaran
5.
Konsep Pemasaran Sosial
6.
Konsep Pemasaran Global
PENGERTIAN
MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen Pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan
diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan
dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang
tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran
dapat tercapai.
Sistem
Pemasaran
Sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas
pemasaran barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling
memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan
pasarnya.
Sistem
pemasaran terdiri dari 2 unsur yaitu
organisasi pemasaran dan target pasaranya.
Macam
Macam Sistem Pemasaran
1. Sistem pemasaran dengan saluran vertikal
2.
Sistem pemasaran dengan saluran horizontal
3. Sistem pemasaran dengan saluran ganda
Strategi
Pemasaran
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya
pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan
lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Ada 3 faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi
dalam pemasaran yaitu :
1) Daur hidup produk
2)
Posisi persaingan perusahaan di pasar
3)
Situasi ekonomi
Fungsi Pemasaran
Dalam pemasaran terdapat 3 fungsi yaitu
1.
Fungsi Pertukaran
2.
Fungsi Distribusi Fisik
3.
Fungsi Perantara
TUJUAN
PEMASARAN
Tujuan dari
pemasaran atau marketing adalah untuk memenuhi kebutuhan, keinginan serta permintaan
konsumen.
1. titik awalnya adalah konsumen
target
2. fokusnya adalah kebutuhan
konsumen
3. sasarannya adalah laba
melalui kepuasan konsumen
4. caranya melalui paduan antara
promosi dan komunikasi pemasaran -> komunikasi pemasaran terpadu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar